Refleksi

Tahun 2012 segera akan berlalu, dan fajar tahun 2013 segera menyongsong. Banyak peristiwa ekonomi, politik, sosial budaya, dan sebagainya telah terjadi disepanjang tahun ini, dii dalam negeri dan di luar negeri. Adakah yang telah mampu membuat perubahan jadi lebih baik?

Melihat kembali 2012 maka konflik horizontal atau konflok antar warga di tanah air menjadi salah satu persoalan besar yang mengemuka di sepanjang tahun 2012 ini. Kemarahan dan kekerasan seolah menggantikan sopan santun dan jiwa gotong royong yang dulu acap selogankan di ruang-ruang publik. Kini, cap yang gampang meekat bukan lagi bangsa yang ramah, melainkan bangsa yang gampang marah.

Koflik antar warga itu nyaris sepanjang tahun 2012, dan bertebaran hampir di seluruh daerah di nusantara. Ditinjau dari pelakunya, konflik horizontal ini telah terjadi di hampir semua strata sosial dan pendidikan. Kalangan terpelajar pun tak luput terlibat melakukan konflik horizontal.  Tauran mahasiswa dan anak sekolah adalah contoh konflik horizontal yang hingga kini belum bisa dihentikan. Ironisnya, tauran bahkan sudah merembet ketingkat sekolah dasar. Seperti yang terjadi di Jakarta dan Bogor.

Setali tiga uang, ketika konflok horizontal marak di masyarakat kalangan elit politik pun semakin telanjang menggerogoti negeri ini untuk kepentingan pribadi. Kontrak karya MIGAS, UU BPJS & SJSN, mega korupsi adalah sedikit contoh bahwa negeri ini bukanlah milik rakyat. Rakyat seolah hanya sekelompok manusia yang di eksploitasi segala potensi yang dimilikinya.

Sungguh ironi, sepanjang 2012 fakta politik, hukum, ekonomi, keamanan, sosial dan budaya penuh dengan nuansa yang memilukan. Adakah harapan yang layak untuk digantungkan oleh rakyat negeri ini? Seperti harapan yang juga sempat muncul pada rakyat timur tengah saat gelombang  arab spring bergulir.  Adakah?

Siaran HTI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s