Menjawab Keraguan Khilafah.02

Pernyataan: Penduduk yang hidup di suatu negara bukan hanya muslim, tapi juga non muslim; tidak homogen tapi heterogen.

Pertama, dalih ini sebenarnya mencerminkan kegagalan pihak tersebut memahami realitas masyarakat. dalam kenyataannya, hukum yang diterapkan bukan berarti harus dikalangan yang homogen. Contoh, di Amerika tidak semua penduduknya kristen, tetapi aturan yang diterapknyanya kapitalisme. Di Indonesia, terdapat 4 agama resmi yang diakui, tapi hukum yang diterapkan juga kapitalisme atas dasar sekularisme. Di CIna, puluhan juta umat Islam tinggal di sana, namun aturan yang diberlakukan aturan sosialisme-komunisme. Jadi, tidak rasional menolak ditegakkannya syariat Islam dengan alasan heterogenitas penduduknya. Tetapi, tidak menyatakan dilarang menerapkan sistem kapitalisme karena tidak semua penduduk berideologi kapitalisme; tidak pernah juga berteriak tidak boleh menerapkan sosialisme-komunisme dengan alasan tidak semua penduduknya berideologi sosialisme-komunisme. Sebenarnya persoalanya bukan terletak pada homogen atau heterogen, tapi terletak pada sistem aturan mana yang akan diterapkan untuk mengatur penduduk (apapun agamanya) demi terciptanya keadilan, kesejahteraan, dan kebahagiaan masyarakat. Dan, jawabannya: Islam!

Kedua, tidak paham terhadap kenyataan hidup Nabi Muhammad saw. dan para sahabanya. Sejarah menunjukkan bahwa penduduk negara Islam pada saat itu bukan hanya muslim, ada juga Yahudi dan Nasrani. Buktinya, lebih dari 10 abad syariat Islam bertahta.

Ketiga, tidak menghayati bahwa syariat Islam itu untuk kebaikan bersama. Contoh, ketika riba dilarang sebagai landasan perekonomian, hal ini bukan ditujukan hanya bagi kepentingan kaum muslim, melainkan juga untuk penduduk non-muslim. Dan, faktanya akibat riba kini Indonesia dijerat hutang luar yang untuk tahun 2003 saja harus bayar riba sebesar 68 triliun, sementara untuk pembangunan hanya 61 triliun. Yang rugi? Semua penduduk, muslim dan non-muslim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s